Selasa, 25 September 2012

Sistem Peredaran Darah

Sistem sirkulasi darah terdiri dari jantung, serta serangkaian pembuluh yakni arteri, kapiler serta vena. sistem ini bermanfaat untuk membagikan bahan nutrisi, oksigen serta hormon ke semua bagian tubuh lantas mengangkut limbah metabolisme sel tubuh. 

Jantung 
jantung adalah satu organ otot berongga yang terletak di pusat dada. 
bagian kanan serta kiri jantung masing masing mempunyai area sebelah atas ( atrium yang menghimpun darah serta area sebelah bawah ( ventrikel ) yang mengeluarkan darah. supaya darah cuma mengalir didalam satu arah, jadi ventrikel mempunyai satu katup pada jalur masuk serta satu katup pada jalur keluar. 

Manfaat jantung 
manfaat utama jantung merupakan pompa sistem sirkulasi, jantung menyalurkan oksigen ke semua tubuh serta bersihkan tubuh dari hasil metabolisme ( karbondioksida ). jantung melaksanakan manfaat tersebut umpulkan darah yang kekurangan oksigen dari semua tubuh serta memompanya ke didalam paru-paru, di mana darah dapat mengambil oksigen serta buang karbondioksida ; jantung lantas menghimpun darah yang kaya oksigen dari paru-paru serta memompanya ke jaringan di semua tubuh. 

Pasokan darah ke jantung 
otot jantung ( miokardium ) sendiri terima sebagian dari sebanyak volume darah yang mengalir lewat atrium serta ventrikel satu sistem arteri serta vena ( sirkulasi koroner ) sediakan darah yang kaya dapat oksigen untuk miokardium serta lantas mengembalikan darah yang tidak memiliki kandungan oksigen ke didalam atrium kanan. arteri koroner kanan serta arteri koroner kiri adalah cabang dari aorta ; vena kardiak mengalirkan darah ke didalam sinurskoroner, yang dapat mengembalikan darah ke didalam atrium kanan. sebagian besar darah mengalir ke didalam sirkulasi koroner pada waktu jantung masih mengendur di antara denyutnya ( sepanjang diastol ventrikuler ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar