Jumat, 21 September 2012

Penyakit Ginjal Mengintai Anda, Ini Cara Pencegahan dan Penyebabnya

Ginjal adalah organ yang amat vital yang memiliki manfaat yang kompleks serta bekerja dengan otomatis. ginjal berperan untuk jadikan alat filtrasi, yaitu mengeluarkan kelebihan garam, air serta asam. untuk yang memiliki penyakit darah tinggi baiknya dijaga betul-betul jangan sempat tekanan darah anda naik turun karena apabila tekanan darah tinggi anda naik turun dapat menyebabkan kerja ginjal makin berat. diterangkan perihal ginjal yang berukuran panjang 11-12 cm, lebar 5-7 cm, tidak tipis 2, 3-3 cm, kurang lebih sebesar kepalan tangan. ginjal terbentuk oleh unit yang disebut nephron yang berjumlah 1-1, 2 juta buah pada setiap ginjal. 

Butuh anda ketahui nephron diawali dari pembuluh darah halus atau kapiler serta berbentuk untuk jadikan saringan yang disebut glomerulus, hingga darah melalui glomerulus atau kapiler tersebut serta disaring hingga terbentuk filtrat ( urin yang masih encer ) yang jumlahnya kurang lebih 170 liter /hari, lantas dialirkan lewat pipa atau saluran yang disebut tubulus. seterusnya, urin ini dialirkan keluar ke saluran ureter yaitu kandung kencing, lantas ke luar lewat uretra. 

manfaat ginjal 

ginjal yaitu organ yang memiliki pembuluh darah yang amat banyak ( amat vaskuler ) tugasnya memanglah pada prinsipnya yaitu "menyaring atau membersihkan" darah. aliran darah ke ginjal yaitu 1, 2 liter per menit atau 1. 700 liter /hari. darah tersebut disaring jadi cairan filtrat sejumlah 120 ml per menit ( 170 liter /hari ) ke tubulus. cairan filtrat ini diolah didalam tubulus hingga selanjutnya keluar dari ke-2 ginjal, hingga jadi urin sejumlah 1-2 liter /hari. 

ada manfaat'>fungsi-fungsi ginjal yang butuh anda ketahui salah satunya : 

bertugas untuk jadikan sistem filter atau saringan atau buat buang "sampah" atau kotoran. 
melindungi keseimbangan cairan tubuh. 
produksi hormon yang mengontrol tekanan darah. 
produksi hormon erythropoietin yang menolong pembuatan sel darah merah. 
mengaktifkan vit. d buat memelihara kesehatan tulang. 


pemicu penyakit ginjal 

1. penyakit umum/ sistemik 

kencing manis layaknya diabetes mellitus, hipertensi, cholesterol tinggi – dyslipidemia. 
sle layaknya penyakit lupus, penyakit kekebalan tubuh lain, asam urat tinggi – hyperuricemia – gout 
infeksi di badan layaknya paru ( tbc ), sifilis, malaria, hepatitis, preeklampsia, obat-obatan, amiloidosis, kehilangan carian banyak yang mendadak layaknya muntaber, perdarahan, luka bakar. perihal tersebut diatas bisa berakibat masalah penyakit pada ginjal. 
2. penyakit lokal pada ginjal 

penyakit pada saringan ( glomerulus ) – glomerulonephritis, 
infeksi layaknya lantaran kuman – pyelonephrits, ureteritis, 
lantaran turunan, kelainan proses di ginjal nephrolithiasis. 
kista layaknya di ginjal–polcystic kidney 
lantaran trauma atau lantaran benturan, terpukul, keganasan–kanker–malignancy. 
sumbatan layaknya tumor, penyempitan atau striktur. 
ada berbagai macam penyakit ginjal, hingga pasien datang ke dokter juga dengan macam-macam tanda-tanda. di bawah ini kemungkinan datangnya seorang pasien dengan himpunan tanda-tanda atau sindrom penyakit ginjal seperti berikut : 

gagal ginjal akut : masalah ginjal mendadak, manfaat ginjal "anjlok", tidak keluar urin. 
nefritis akut : penyakit mendadak pada saringan ginjal ( glomerulus ), tungkai bengkak, ditemukan protein & darah di urin. 
gagal ginjal kronik : masalah kritis yang menahun pada ginjal hingga manfaat ginjal turun. keluhan & tanda-tanda diantaranya lemas, nafsu makan berkurang, mual, pucat, kencing sedikit, serta sesak napas. 
sindrom nefrotik : masalah pada saringan ginjal, terjadi kebocoran hebat protein dari darah lewat glomerulus serta saringan ke urin, ada bengkak muka – kaki – perut, serta kolesterol naik. 
infeksi saluran kemih : infeksi di ginjal – saluran kemih yang lain, dapat akut serta dapat kritis. tak hanya itu, sakit pinggang, demam, kencing sakit, dapat cuma pegal pinggang. 
masalah pada tubulus ginjal. 
hipertensi : biasanya tanpa tanda-tanda. 
batu ginjal pada saluran kemih layaknya nyeri hebat kolik, darah di urin. 
obstruksi saluran kemih layaknya saluran kemih terbendung oleh tumor, striktur alami penyempitan. 
masalah ginjal dapat juga tanpa tanda-tanda ( asymptomatik )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar