Selasa, 25 September 2012

SISTEM PENCERNAAN MANUSIA

Sistem pencernaan pada manusia bisa dibedakan jadi dua macam, yakni : 

1. pencernaan mekanik, merupakan proses pengubahan makanan dari wujud kasar jadi wujud kecil atau halus. proses ini dikerjakan gunakan gigi didalam mulut. 

2. pencernaan kimiawi, merupakan proses pergantian makanan dari zat yang kompleks jadi zat-zat yang lebih simpel dengan enzim, yang terjadi dimulai dari mulut, lambung, serta usus. enzim merupakan zat kimia yang dihasilkan oleh tubuh yang berperan mempercepat reaksi-reaksi kimia didalam tubuh. 

proses pencernaan makanan pada manusia melibatkan alat-alat pencernaan makanan. alat-alat pencernaan makanan pada manusia merupakan organorgan tubuh yang berperan mencerna makanan yang kita makan. alat pencernaan makanan dibedakan atas saluran pencernaan serta kelenjar pencernaan 

mulut 
makanan masuk ke didalam tubuh pertama kali melalui rongga mulut. oleh lantaran itu, proses pencernaan makanan dengan mekanik serta kimiawi telah diawali di bagian ini. pada rongga mulut ada bagian-bagian yang bertindak didalam proses pencernaan yaitu gigi, lidah, serta kelenjar ludah. 

gigi 
ada empat macam gigi, yakni gigi seri ( insisor = i ), gigi taring ( caninus =c ), geraham depan ( premolar = pm ), serta geraham belakang ( molar = m ). makanan dipotong dengan gigi seri, dirobek gigi dengan taring serta dikunyah dengan gigi geraham. pada orang dewasa, gigi yang lengkap terdiri atas 32 buah. 

gigi mempunyai tiga bagian utama meliputi : 
1. mahkota gigi yang terletak menonjol diatas tulang ; 
2. leher gigi ; 
3. akar gigi, tertanam didalam tulang rahang. 

sebagian besar gigi tersusun atas namun mahkota gigi dilapisi e-mail yang amat keras. rongga pada gigi ( pulpa ) diisi pembuluh darah serta pembuluh saraf. bagian yang menutup serta melingkari leher gigi disebut gusi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar